BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 03 Januari 2010

Guru di Indonesia Kebanyakan

Menurut Direktur Profesi Pendidik Departemen Pendidikan Nasional, Achmad Dasuki, di Jakarta, Kamis (29/10), jumlah guru yang ada saat ini sudah lebih dari cukup.”Rasio guru dan siswa SMP saja saat ini sudah 1:15. Ini lebih besar dari rasio guru dan siswa di Jepang dan Korea yang hanya 1:20. Kalau ke-580 ribu guru honorer itu diangkat, rasionya bisa menjadi 1:10,” katanya.

Di samping itu, kata dia, kemampuan finansial pemerintah juga terbatas, sehingga tidak mungkin mengangkat seluruh guru honorer menjadi PNS. Guru-guru honorer yang akan diangkat menjadi PNS hanya yang memenuhi kualifikasi termasuk di antaranya yang berpendidikan S1 dan telah mengikuti pendidikan profesi minimal selama satu tahun.

Lebih lanjut dia menjelaskan, selain mengangkat lebih banyak guru, pemerintah juga akan berupaya memeratakan sebaran guru. Pemerintah sekarang sedang menyiapkan regulasi untuk mengatur sebaran guru. Meski jumlahnya terhitung cukup, hingga kini sebaran guru belum merata di seluruh daerah. Sebagian besar guru terkonsentrasi di kawasan perkotaan. Sementara, sekolah-sekolah di daerah terpencil dan kawasan pedalaman masih kekurangan guru.

“Nanti akan diatur supaya sebarannya merata,” katanya. Saat ini, pemerintah belum bisa berbuat banyak karena kewenangan untuk menempatkan guru berada di tangan pemerintah daerah. Pemerintah pusat belum mempunyai payung hukum untuk terlibat dalam pengaturan distribusi guru.

0 komentar: